Jumat, 20 Mei 2011

Tips melacak kompresi bocor


Kompresi bocor sering terdapat pada motor yang memiliki kompresi yang padat hal itu bisa di atasi dengan penggunaan gasket yang lebih kuat, contohnya ialah RED 160W. Kompresi bocor terjadi karena hilangnya tekanan dalam ruang bakar. Sehingga ruang bakar kurang maksimal terjadinya denotasi. Denotasi adalah tekanan atau ledakan yang terjadi di ruang bakar, ledakan tersebut merupakan hasil terbakarnya kabutan bahan bakar yang terpatik oleh api busi. Di banding motor 2 tak, yang biasanya bocor karena terjadi kerenggangan pada silindernya. Sedangkan motor 4 tak bisa terjadi kesamaan pada motor 2 tak selain itu juga bisa terjadi kebocoran pada klep in-out, piston dan ring piston.
kebocoran kompresi bisa diketahui pakai alat ukur atau dengan melihat dari ciri fisik komponen. Paling gampang gunakan compression tester. Cukup ditancapkan pada ulir lubang busi, kemudian mesin diengkol untuk mengetahui besarnya tekanan psi standar pada masing-masing tipe motor. Cuma kan tidak semua orang atau bengkel punya alat ukur itu. Kalau begitu gunakan cara manual saja. Caranya dengan menutup lubang ulir busi pakai ibu jari. Tekanannya bisa dirasakan apabila ibu jari merasa panas ketika slah diengkol. Kalau lemah sebabnya ring piston lemah, paking head bocor atau payung klep enggak maksimal menahan tekanan gas bakar. Dengan melihat fisik komponen seputar ruang bakar pun bisa. Seperti warna elektroda busi. Kalau spuyer dibikin irit tapi masih juga berwarna hitam (boros), artinya kompresi di ruang bakar mulai lemah. Dari bagian luar paking antara head dan silinder juga bisa. Caranya memberi cairan berupa oli untuk menandakan bagian bermasalah. Kalau keluar asap putih atau bergelembung, di bagian itu sudah pasti ada kebocoran.

10 komentar:

  1. bro numpang nanya dong.. satria ane stroke up 3mm
    - packing bawah 3mm
    - packing atas 2 lembar kayaknya 0.5mm
    total packing 3.5mm

    sekarang knalpot ngebul putih kayak bau oli kebakar.
    si Montir nyoba nutup pair, tetep asap putih..
    si Montir nyoba ganti seal klep, tetep asap putih..

    trus dia curiga Silinder baret atau Piston oblak.. tapi di lihat secara pisik masih mulus, karena baru 41000Km..

    di seLah kagak ngenpos aLias Berat banget, makLumlah naik stroke 3mm...

    jadi kesimpulannya apa ya mas bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas bro..ane jarang online, mngkn dah kadaluarsa tp bs buat sharing.
      sepengalaman ane paking bisa saja ngrembes, meskipun kopresi kagak ngembos. itu karena material paking, selain itu juga pernah didapati kasus adanya pori2 di piston (khusus FU). wow... ane juga sempat kaget..kompresi masih padet tp oli bisa ngrembes.. solusinya diding piston dalam ditambal las..

      Hapus
  2. numpang tanya gan....motor ku abs revo 2011...sudah 6 bulan terakhir ini, setiap 2 minggu harus ganti busi. sudah saya tanyakan ke bengkel ahass terdekat dan menurut mereka karena bbm yang bermasalah....kalau bbm yang bermaslah koq tidak semua motor mengalami hal yang sama? mohon pencerahannya gan....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas bro..ane jarang online, mngkn dah kadaluarsa tp bs buat sharing.
      coba di cek kembali sistem kelistrikannya. seinget ane kasus tersebut bukan karena bbm yang bermasalah saja. tapi juga karena sebab lain... apabila sistem pengapian AC perlu dicurigai pada spul, kalau sistem pengapian DC perlu dicurigai kiprok dan spul. kalau setahu ane abs revo sudah menganut sistem DC jadi cek kembali kiprok dan spul. kalaupun spul harus gulung kembali.

      Hapus
  3. Misi Bang ane mau nanya nih motor ane shogun 110 udah bore up piston thunder standar tapi kok gak ada larinya ya...
    mohon penjelasanya dong bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas bro..ane jarang online, mngkn dah kadaluarsa tp bs buat sharing.
      kalau ane pernah buat shogun pistonya minimal pakai thunder oversize 50.. kemudian ane juga main porting. percuma kalau piston gede tp lubang isep dan buang masig kecil. kemudian juga seting kembali karbu, biar pengkabutan lebih banyak didapur pacu.. nah kalau kasus mas kemungkinan itu lubang isep dan buang mas masih standart, so motor gk bisa lari.

      Hapus
  4. bang maaf ni
    numpang tanya kalau mesin susah hidup knp ya
    pengapian normal, jika hidup pun normal tapi harus diselah2 knp ya om?
    motor ane supra x 125

    BalasHapus
  5. gan satria fu ane ngluarin asep n oli di lubang hawa mesin.
    itu apa ring sehernya yang aus apa silindernya yg baret ?

    BalasHapus
  6. Masukkan komentar Anda...bos ane mau tnya kmren plng krj mntr ak tiba" mti total udh itu ak nylai in m ak engkol kmpresi ny gk ad ngmpos to ap ny ....

    BalasHapus
  7. bang mau tnya. sya punya yamaha crypton pakek piston kaze oversize 200 stroke naik 3 mm. Klep nya waktu di sebul dari lupang In(manipol) pas di kasik bensin pas di tiup kluar udara dari situ (katanya klep bocor.dan kompresi gembos) cara ngatasinnya gimana

    BalasHapus