Senin, 30 Mei 2011

Tips Honda CB – Pemilihan CDI AC dan CDI DC

Dari pabrikannya sistem pengapian Honda CB menggunakan platina. Hal ini lah yang menganjal para pelirik modif Honda CB, solusinya ialah mengganti platina menjadi CDI. Namun pengapian CDI terdapat dua jenis yaitu AC dan DC. AC dan DC…?????pastinya itu yang membuat bingung, antara AC dan DC bagus mana.
  • ·         Sistem AC-CDI
Sistem ini dinamakan sistem AC karena arus yang masuk CDI adalah Arus bolak balik (alternating Current), yaitu arus listrik yang langsung berasal dari eksitasi oleh karena itu CDI jenis ini dinamakan AC-CDI. Cara kerjanya, arus dari kumparan eksitasi  disearahkan oleh rectifier, kemudian terjadi pengisisan pada kapasitor. arus mengalir ke SCR yang kemudian di bias balik. setelah SCR menerima arus dari pulser yang berupa pulsa,pulsa tersebut menetralisir efek penghalang dari gerbang. arus anoda bertambah secara nyata, dengan reduksi teganagn sasaat melalui SCR tersebut. sekali hantaran telah dimulai, maka gerbang akan kehilangan semua kontrol sampai arus telah arus telah direduksi menjadi kira-kira sebesar nol SCR tersebut. maka SCR akan membuka dan arus akan mengalir ke ground sehingga terjadi bunga api pada busi. Pada AC CDI arus yang keluar dari coil ignition dipengaruhi oleh putaran mesin, sehingga semakin besar putaran mesin, semakin besar pula arus yang dihasilkan.

  • ·         Sistem DC-CDI

Sistem ini dinamakan sistem DC karena arus CDI disuplai oleh baterai, sehingga arus yang masuk adalah arus DC (Direct Current). keuntungan dari sistem ini adalah arus yang masuk cenderung tetap karena arus tidak tergantung pada putaran mesin, sehingga tegangan pengapian pada elektroda busi relatif stabil. cara kerjanya CDI DC disuplai dengan baterai, didalam CDI tersebut terdapat transformer yang berfungsi menaikkan tegangan baterai 12 volt menjadi 220-300volt, tegangan ini selanjutnya disalurkan ke dioda untuk disearahkan. transformator dapat bekerja menginduksi arus DC dari baterai dikarenakan adanya transistor jenis npn yang bekerja sebagai saklar. Arus dari dioda ini selanjutnya disalurkan ke kapasitor, sehingga pada kasipasitor. saat sinyal dari generatr pulser mengalir ke SCR, efek penghalang dari SCR akan di netralisir, pada saat ini muatan listrik yang disimpan di dalam kapasitor di lepaskan ke kukmparan primer koil pengapian dan di perbesar lagi oleh kumparan sekunder, tegangan tinggi dari koil ini selanjutnya dialirkan ke busi sehingga pada busi terjadi loncatan bunga api.
KESIMPULAN
Kelebihan :
·         AC-CDI : Pada waktu mesin putaran tinggi, arus yang dihasilkan semakin besar sehingga tegangan sekunder koil pengapian akan lebih besar.
·         DC-CDI : Arus yang masuk ke unit CDI relatif stabil, karena tidak tergantung dari putaran mesin, sehingga tegangan sekunder koil pengapian relatif stabil.
Kekurangan :
·     AC-CDI : arus yang masuk ke unit CDI tergantung dari putaran mesin, jadi pada waktu putaran rendah arus yang dihasilkan kecil.
·         DC-CDI : Baterai harus selalu dalam keadaan terisi penuh (baterai dan sistem pengisian harus dalam kondisi baik)

baca juga : Tips melacak kompresi bocor, tips atasi brisik pada yamaha cripton, tips karbu vakum jadi kontan, Tips Honda CB,  Alternatif dongkrak Yamaha Mio, Tips mengatasi oli ngrembes, Awasi piston baret akibat oli, Tips Honda CB & another 4 stroke motor
 

15 komentar:

  1. nice info,,,
    bagi2 informasi dong mas bro,,,bengkel bubut yg bagus bgt di nganjuk,,,buat naik stroke nih,,,,

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas perhatiannya mas bro..
    untuk bengkel bubut nganjuk yang bagus buat naik stroke itu di sekitar alun-alun nganjuk kota, sedangkan untuk ruang lingkup kabupaten di Bengkel Bubut Mahkota Jaya Motor, jl.tempuran kec.Kertosono Nganjuk
    dan masih ada lagi di kec.kertosono kab.Nganjuk itu Bengkel Bubut Mbah Di, yang buka di jl.A.Yani depan Masjid Al-Falah...

    maju terus otomotif Indonesia...

    BalasHapus
  3. terima kasih jawabannya,,,saya sudah terlanjur kirim ke RAT sidoarjo,,, heheh,,,
    saya di jakarta,,,kmaren juga sudah dapat no bengkel bubut pak mustofa di nganjuk,,tapi kok kayaknya tidak menerima kiriman2 barang,,

    lain kali deh kalo ada lagi,,, bengkel bubut nganjuk terkenal kualitasnya,, jakarta gak ada yg kayak gt,,

    BalasHapus
  4. ok mas.,,,semua bengkel bubut sama aja,,,tergantung minat dan kebutuhan ,,hehehe..pokoknya sukses selalu buat mas bro...

    o..ya..mas bro ada tmbahan, selain diNganjuk ada pula yang bagus lg tp di Solo namanya bengkel bubut saerah ada di jl. slamet riyadi. itu bengkel biasa terima order luar kota.bengkel bubut tersbt biasa nggarap kebutuhan buat drag, racing, kohar.hasilnya presisi rapi,n balans.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya abis ngeshokne liner d saerah.
      Nggak rekomended.

      Kalau buat modif2 mesin yg gak perlu presisi mungkin Saya setuju.

      Pengalaman buruk dah ngeshokne di saerah. Pdahal terkenal
      terkenal

      Mahal pula.

      Terimakasih,

      Hapus
  5. yang bisa pasang double starter CB ada dibengkel mana mas ? alamat saya di GONDANG - NGANJUK

    BalasHapus
  6. buat mas eko dulur dari gondang sekiranya untuk pemasangan doubel stater bisa dilakukan oleh bnyak bengkel,tp pelu modif extrem untuk crankasenya agar dapat compitibel ama bak untuk penghantar doubel,untuk modif crankkase tsb diperlukan tukang las yang jam terbangnya tinggi..
    untuk memudahkan mas eko langsung gas aja ke baron di Mbah ndoen atau bisa di fatkur

    BalasHapus
  7. Kalo mau ganti sistem pengapian dri AC ke DC kena brpa mas broo?

    BalasHapus
  8. mas bro, meh takon ki....bengkel bubut buat naik stroke di nganjuk seng apik and bisa kirim barang dimana ya?? mohon infone. matur nuwun.

    BalasHapus
  9. mas bro, meh takon ki....bengkel bubut buat naik stroke di nganjuk seng apik and bisa kirim barang dimana ya?? mohon infone. matur nuwun.

    BalasHapus
  10. Mas mau nanya biasanya berapa kalo naik strokeup 8ml, kisaran butuh budget berapa, dan alamat bengekelnya dimana? Terimakasih.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Mas mau nanya biasanya berapa kalo naik strokeup 8ml, kisaran butuh budget berapa, dan alamat bengekelnya dimana? Terimakasih.

    BalasHapus
  13. Mas mau nanya biasanya berapa kalo naik strokeup 8ml, kisaran butuh budget berapa, dan alamat bengekelnya dimana? Terimakasih.

    BalasHapus
  14. punyaku GL, tp dapatnya sudah gantian mesin MP. apa plus minusnya boss

    BalasHapus