Kamis, 19 Mei 2011

Yamaha Mio Gak mau ketinggalan


Mio merupakan skutik pertama di Indonesia yang dilauncing oleh Yamaha setelah Yamaha nouvo. Mio banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia, ini terbukti dari tingkat penjualan Yamaha mio di tiap tahunnya selalu meningkat. Oleh masyarakat Indonesia Yamaha mio ternyata bukan hanya digemari untuk sebagai kendaraan saja, tetapi Yamaha Mio yang sebenarnya didesain untuk cewek ternyata juga digunakan untuk karapan alias balap. Dan hasilnya sangat mengagumkan, dan bisa di bore up hingga 200cc. Sekarang ini teknologi semakin maju, kendaraan motor yang dulu didesain hanya terdapat 2 payung klep sekarang menjadi 4 klep, contohnya adalah Suzuki Satria FU150 yang didesain dengan system DOCH 4klep. Itulah yang membuat iri dari sebagian para rider mania, tapi untuk rider Mio jangan berkecil hati. Sekarang tersedia paket silinder head 4 klep untuk Yamaha Mio. Untuk yang DOHC di bandrol sekitar 20 jutaan. Mahal banget, namun kali ini ada lagi yang menawarkan silinder head 4 klep untuk Mio tapi dengan harganya lebih hemat. Silinder head 4 klep bermerk Kawahara yang hanya dijual Rp. 4,5 jutaan. Cuman bedanya dengan silinder head yang dibandrol 20 jutaan terdapat pada sistemnya, pada silinder head keluaran kawahara masih menggunakan system SOCH. Konstruksi klepnya mirip Yamaha V-Ixion atau Jupiter MX. Satu camshaft atau noken as, tapi punya rocker arm yang bercabang. Tiap rocker arm bertugas membuka-tutup dua klep. Paket silinder head keluaran kawahara ini lengkap dengan isi-isinya. Tinggal pasang akan tetapi untuk Mio yang sudah bore up. Kalau belum bore up, kubah klepnya tidak akan  cukup. Idealnya adalah Mio bore up 200cc. Kalaupun belum dibore up jadinya mubazir, suplai bahan bakar deras tetapi ruang untuk melakukan pembakarannya tidak optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar