Sabtu, 21 Mei 2011

Tips atasi suara brisik pada Yamaha Crypto


Yamaha cripton adalah varian bebek 4tak yang pertama kalinya diluncurkan oleh pabrikannya. Di tahunnya cripton sangat banyak yang mengggemariini di dukung spek motornya serta modelnya yang dahulu termasuk udah trendy, sampai sekarangpun penggemar cripton tak hilang, karena motor ini masih mumpuni dioprek dan melawan motor keluaran baru. Namun keluhan yang sering terjadi pada motor ini adalah suara brisik pada mesinnya. Saat hidup stasioner memunculkan suara glekk…dag…glekk. Mirip suara as kruk yang melintir. Kondisi ini memang tak enak didengar meski tak ada pengaruhnya saat dipakai berkendara. Hal ini juga terjadi pada bebek yang memakai kopling house yang sama konstruksinya dengan Yamaha Crypton. Kalau terjadi`seperti itu lakukan pembongkaran calter kopling bagian kanan. Kendorkan lebih dulu mur kampas ganda berikut dengan mur kopling house. Setelah itu lepas gigi primer dan kopling housenya. Lanjutkan dengan memeriksa sambungan gigi skunder dengan rumah koplingnya. 
Suara berisik tersebut biasa ditimbulkan dari bagian ini. Di mana kondisi gigi skunder dan rumah kopling memiliki speeling kanan kiri dan depan belakang yang terlalu berlebihan.  Itu sudah bisa dipastikan kalau karet dumper kopling house sudah mati dan saatnya ganti. Untuk memeriksa kekenyalan karet dumpernya mudah saja. Cukup pakai saja bantuan tang. Kalau karet yang kekenyalannya berkurang, saat dicatok tang akan pecah.   Untuk pembongkaran kalau tidak memiliki peralatan yang memadai untuk membongkar dan mengganti karet dumper kopling house, bisa langsung diorder ke bengkel bubut atau bengkel umum yang memiliki perkakas komplit. Untuk harga karet dumper nya cukup murah, 6 biji sekitar Rp.25.000, sedang harga pin kelingnya diperkirakan 1 bijinya Rp. 1000.

Problem lain yang biasa dialami oleh kopling house Crypton atau bebek lain, kadang sering kali ujung gigi skundernya mulai lancip dan timbul speling dengan gigi primer. Saat dipakai jalan, muncul suara mbenging. Tapi suara mbengingnya pastikan dulu berasal dari speling gigi skunder, sebab rantai camrat yang terlalu tegang di mesin Crypton juga bisa menimbulkan suara mbenging. Jadi lebih baik periksa tegangan rantai camrat nya dan pastikan normal. Efek terlalu besarnya speling gigi skunder dan primer bisa menjadi gawat, karena makin banyak serbuk besi yang dihasilkan di dalam mesin. Untuk mengatasinya tak ada cara lain, terkecuali mengganti gigi skunder. Harga gigi skunder tanpa rumah kopling milik Crypton sekitar Rp. 175 ribu hingga Rp. 300 ribu.

Tips membongkar kopling House
Pertama bor lebih dulu ujung pin keling dengan mata bor 6 mm – 8 mm, untuk melepas pin keling dari dudukannya. Tarik plat yang difungsikan sebagai ring penahan pin keling dan karet dumper. Baru setelah itu, pisahkan rumah kopling dengan gigi skunder nya, dengan bantuan betel.

1 komentar: