Mesin Honda CBR250R memiliki satu silinder dengan sistem DOHC (double overhead camshaft), yang membikin unik pada motor ini ialah masih menggunakan rocker arm..!!!!(DOHC....ROCKER ARM....kok bisa?????). Rocker arm ini biasanya ada pada mesin SHOC (single overhead camshaft). Kenapa bisa mesin DOHC ada rocker arm-nya...ok langsung aja...
Seperti gambar disamping setelah cover silinder head Honda CBR250R terbuka semua komponennya langsung terlihat jelas. Posisi camshaft dan rocker arm serta batang atas klep dan per klep akan langsung tampak. Sangatlah mengherankan, yaitu bentuk camshaft-nya tidak seperti camshaft mesin DOHC pada umumnya. Pada Suzuki Satria FU150 terdapat dua camshaft yang tiap camshaft-nya memiliki dua lobe atau bumbungan. Dua lobe di camshaft saluran isap akan langsung menggerakan dua klep masuk, begitu juga dengan dua lobe di saluran buang akan menggerakan dua klep buang. Namun pada Honda CBR250R, pada camshaft-nya hanya memiliki satu lobe. Satu lobe ini kemudian menggerakan dua klep sekaligus. Dengan bantuan rocker arm tadi.


Baca juga : Tips melacak kompresi bocor, tips atasi brisik pada yamaha cripton, tips karbu vakum jadi kontan, Tips Honda CB, Alternatif dongkrak Yamaha Mio, Tips mengatasi oli ngrembes, Awasi piston baret akibat oli, Tips Honda CB & another 4 stroke motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar