Jumat, 27 Mei 2011

Tips Honda CB & another 4 stroke motor – memperlebar lubang masuk dan keluar ruang bakar (Porting Dasar)



Hampir sebagian orang awam beranggapan bahwa cara mudah menaikkan performance adalah dengan mengganti CDI spek racing ataupun menukar mengubah knalpot. Akan tettapi secara teori itu salah. Justru memperbesar porting dianjurkan sebagai awal langkah memperbesar dapur pacu 4 tak selain harus main Bore Up. Memperbesar porting sama juga dengan memperlebar jalan masuk udara-bahan bakar dan mempercepat terbuangnya gas sisa keluar dari mesin. Permainan porting ini bertujuan meningkatkan efesiensi volumetric. Artinya, daya isap piston di-upgrade melalui tekanan gas masuk yang disebabkan porting tersebut. Sebagai contoh motor standart dibuat untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar alias penggunaan bensin irit sehingga dalam sekali isap piston mampu menyedot 10 gram bensin-udara. Ketika jalan diperbesar, otomatis jumlah yang terhisap meningkat missal menjadi 15 gram. Setara dengan jumlah yang masuk, tentunnya tenaga meningkat.
Dalm memperbesar porting banyak caranya. Paling mudah adalah memperhalus kulit jeruk pada dinding inlet port ataupun outlet port (lubang masuk dan lubang keluar). Untuk lebih ekstrim dari memperhalus dan memperlebar, yaitu arah porting ditata ulang. Sudut tembak porting diluruskan dengan ruang bakar. Hal ini dilakukan agar menyingkat waktu tempuh kabut bensin dari karbu ke ruang bakar. Makin cepat akselaresinya bagus. Sebagai paatokan memperbesar porting bahwa diameter porting sebaiknya ada diantara 95%-100% dari diameter klep. Jadi semisal Klep masuk Honda Tiger 31mm, maka diameter porting berada diantara  29,45mm hingga maksimal 31mm. Demikian pula dengan porting buang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar